Wanto Orang yang setia, jujur, adil dan makmur. Hehe

Cara Mengatasi Status Layanan Whatsapp Tidak Tersedia ERROR

Cara Mengatasi Status Layanan Whatsapp Tidak Tersedia

Whatsapp (WA) merupakan instant messenger app atau aplikasi pesan instan yang diperuntukan bagi platform perangkat smartphone. Sepintas apk ini persis seperti SMS di mana penggunaannya adalah sebagai kirim dan balas pesan.

Hanya saja WA sudah tidak lagi mengandalkan pulsa dalam urusan komunikasinya dan telah beralih ke konsumsi kuota data internet. Dengan begitu jumlah karakter di WA tidak akan ada batasannya seperti halnya kebijakan yang berlaku pada SMS.

Walaupun memiliki fungsi utama sebagai aplikasi perpesanan, ternyata ada banyak fitur menarik dari WA seperti pengenalan kontak whatsapp, verifikasi dan kirim pesan melalui kontak nomor hp yang sudah masuk dalam daftar kontak WA yang digunakan. Beda halnya dengan aplikasi pesan singkat lain seperti Line dan BBM yang menggunakan no hp/email dan atau PIN untuk bisa terhubung antar penggunanya.

Fitur Aplikasi WhatsApp

Diantara fitur pesan singkat dari WA yang akan dapat anda jumpai adalah adanya fitur pesan teks, fitur kirim foto lewat galeri atau langsung dari tangkapan kamera, kirim video, kirim file, kirim suara, kirim lokasi, kirim kontak, adanya emoji dan stiker unik yang tersedia di WA atau bisa buat kustom, dan pengaturan profil pengguna whatsapp seperti ubah nama, ubah foto, ubah deskripsi atau stauts profil dan beragam pengaturan lainnya.

Aplikasi pesan singkat whatsapp sudah dapat digunakan melalui perangkat smartphone berbasis sistem operasi android, ios, blackberry, windows phone, nokoa s40 dan s60. Anda bisa mendapatkan apk ini melalui tautan unduhan dari situs resminya langsung atau melalui Google Play, App Store dan situs non playstore yang menyediakan apk WA.

WhatsApp Web

WhatsApp Web

Selain itu Whatsapp juga menghadirkan fitur whatsapp web di mana apk ini dapat dibuka dalam browser komputer atau laptop dengan tetap menyajijkan fitur yang sama seperti pada penggunaannya di hp.

Untuk bisa terhubung dengan whatsapp web, anda harus menyinkronkan terlebih dulu whatsapp di hp dengan whatsapp web melalui scan QR code yang akan tertera di laman awal whatsapp web. Sementara untuk pemindaiannya dilakukan melalui whatsapp yang terpasang dalam hp.

Mungkin itulah sekilas pemaparan dari aplikasi pesan instan whatsapp dengan beragam fitur perpesanan menarik yang ada di dalamnya. Selanjutnya yang ingin kami sampaikan kepada anda adalah mengenai kendala yang umum terjadi dalam penggunaan whatsapp yaitu “Status Layanan Whatsapp Tidak Tersedia”.

WhatSapp ERROR

Apabila anda sebagai pengguna aplikasi whatsapp mengalami permasalahan seperti status layanan whatsapp tidak tersedia, kemungkinan indikasinya adalah tidak terkoneksi dengan baik antara perangkat hp yang anda gunakan dengan whatsapp yang terpasang di hp anda atau dengan kata lain jaringan internet yang digunakan tengah mengalami masalah atau juga pengaturan perangkat hp yang harus diatur ulang.

Untuk mengatasi keluhan layanan whatsapp tidak tersedia, anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengikuti langkah-langkah sederhana seperti berikut ini.

Gunakan WhatsApp Mod Apk untuk mendapatkan fitur terbaru dan juga ringan untuk dipakai pada smartphone android kamu.

Cara Mengatasi Status Layanan Whatsapp Tidak Tersedia

Ada beberapa tahap yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi status layanan wa tidak tersedia, karena whatsapp error pastinya bikin kamu pusing soalnya tidak bisa membalas pesan atau mengirim pesan serta video call.

Restart Smartphone

Silahkan anda restart hp yang digunakan atau shut down untuk beberapa saat kemudian hidupkan kembali. Karena dengan ini bertujuan untuk menyetabilkan kinerja ponsel yang not responding atau lemot.

Perbarui Aplikasi

Lakukan pembaruan pada aplikasi whatsapp melalui google play, app store atau dengan mengunduh apk versi terbarunya di situs resmi whatsapp. Karena ini juga sangat harus dilakukan ketika layanan status wa tidak tersedia atau error.

Mengatur Jaringan

  • Pada pengaturan hp, silahkan anda masuk ke Setelan >> Jaringan dan Internet >> Mode Pesawat (nyalakan lalu matikan).
  • Masuk lagi ke Setelan >> Jaringan dan Internet >> Penggunaan Data >> Data Seluler (nyalakan).
  • Masuk lagi ke Setelan >> Aplikasi dan Notifikasi >> Whatsapp >> Penggunaan Data >> Data Latar Belakang (nyalakan).
  • Masuk lagi ke Setelan >> Jaringan dan Internet >> WiFi >> (matikan dan nyalakan lagi).
  • Selanjutnya silahkan anda coba hubungkan perangkat dengan koneksi wifi yang lain.
  • Pastikan wifi tetap aktif selama mode tidur.

Telepon Customer Service Operator

Kemudian anda bisa menghubungi cs operator seluler dari kartu yang anda gunakan untuk memastikan konfigurasi APN yang anda gunakan benar. Jadi silahkan telepon call center telkomsel, tri, indosat, smartfren, axis, dan cl.

Upgrade Sistem Android

Periksa sistem operasi perangkat anda, apabila tersedia versi terbaru silahkan diperbarui. Karena hal ini juga bisa menyebabkan whatsapp error dan juga aplikasi lainnya ikut rusak.

Menggunakan VPN

Apabila anda menemukan kendala tidak bisa terhubung dengan whatsapp pada saat memakai koneksi wifi, anda harus menghubungi admin penyedia jaringan tersebut.

Bagi anda yang menggunakan koneksi wifi kampus/kantor dengan proteksi firewall, silahkan untuk menghubungi admin jaringan tersebut. Proxy atau VPN tidak akan support dengan WA, jadi anda tidak akan bisa melakukan konfigurasi dengan koneksi jaringan tersebut.

Jika anda masih merasa bingung dengan masalah status layanan whatsapp tidak tersedia dan belum bisa mengatasinya, sebaiknya anda komunikasikan langsung dengan pihak whatsapp melalui pusan bantuan yang telah disediakan khusus bagi pengguna apk tersebut di https://faq.whatsapp.com/

Wanto Orang yang setia, jujur, adil dan makmur. Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *